PELATIHAN KONSEP DIRI UNTUK PENURUNAN DEPRESI PADA REMAJA KORBAN BULLYING

Mandrasari, Spy (2016) PELATIHAN KONSEP DIRI UNTUK PENURUNAN DEPRESI PADA REMAJA KORBAN BULLYING. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
11091047 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
menguji efektivitas pelatihan konsep diri untuk penurunan depresi pada remaja
korban bullying di panti asuhan di Temanggung. Hipotesis yang diajukan adalah
ada penurunan tingkat depresi setelah pemberian pelatihan konsep diri pada
remaja korban bullying yang berjumlah 6 orang. Alat pengumpulan data yang
digunakan berupa skala Children’s Depresion Inventory (CDI). Metode statistik
yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode Wilcoxon. Hasil
penelitian ini menunjukkan ada penurunan tingkat depresi setelah pelatihan (z=-
2,023, p < 0,05). Terdapat perbedaan tingkat depresi antara sebelum dan sesudah
pemberian pelatihan, sebelum pelatihan didapat mean 14,17 dan sesudah pelatihan
didapat mean sebesar 8,17. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian
terbukti, ada penurunan tingkat depresi setelah pemberian pelatihan konsep diri.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Depresi, Pelatihan Konsep Diri, Korban Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 16 Nov 2024 04:29
Last Modified: 16 Nov 2024 04:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item
View Item