HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Tuaputimain, Hendrik (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS HENDRIK TUAPUTIMAIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa
terhadap layanan bimbingan konseling dan konsep diri dengan kemandirian
belajar siswa pada SMA Negeri 4 Kairatu. Sampel penelitian ini sebanyak 61 siswa
dengan teknik probability sampling, secara khusus dengan cara klaster (cluster
random sampling). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif
dengan menggunakan metode skala. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah 1. uji asumsi, dan 2. uji hipotesis penelitian dengan korelasi product
moment untuk menguji hipotesis satu dan dua, sedangkan untuk hipotesis tiga
dianalisa dengan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: berdasarkan analisis korelasi
product moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar 0,678 dan p
sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif
antara persepsi siswa terhadap layanan bimbingan konseling dengan kemandirian
belajar siswa. Berdasarkan analisis product moment juga diperoleh hasil berupa
nilai koefisien korelasi sebesar 0,459 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil uji ini
menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara konsep diri dengan kemandirian
belajar. Berdasarkan analisa regregsi linier berganda, hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa secara bersama-sama ada hubungan antara persepsi siswa
terhadap layanan bimbingan konseling dan konsep diri dengan kemandirian belajar
siswa. Kemandirian belajar siswa dapat diprediksi dari variabel persepsi siswa
terhadap layanan bimbingan konseling dan konsep diri secara bersama-sama sebesar
49,1 % sedangkan sisanya sebesar 50,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diikutsertakan dalam penelitian ini seperti keluarga, guru, kurikulum, inteligensi
motivasi, sikap.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Layanan bimbingan konseling, konsep diri, kemandirian belajar siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 16 Nov 2024 06:21
Last Modified: 16 Nov 2024 06:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item
View Item