Zulghan, Noviar Rahmad Rizki (2017) PENGARUH LATIHAN NLP (NEURO LINGUSTIC PROGRAMMING) DENGAN TEKNIK ANCHORING DAN TEKNIK REFRAMMING UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS VIII DI SMP “X” YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (283kB)
BAB V.pdf
Download (154kB)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh latihan NLP dengan teknik
anchoring dan reframing untuk penurunan tingkat kecemasan berbicara di depan
umum pada siswa kelas VIII SMP “X” Yogyakarta. Jumlah subjek dalam
penelitian ini adlah 36 subjek dengan 18 kelompok eksperimen dan 18 kelompok
kontrol yang diambil dari kategori tinggi sampai sangat tinggi pada skala
kecemasan berbicara di depan umum. Desain penelitian yang digunakan adalah
pretest-posttest group design. Analisis data yang digunakan adalah independent ttes untuk melihat perbedaan skor pada kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol dan paired simple t-tes untuk melihat perbedaan skor kelompok
eksperimen antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis dari
independent t-test ditemukan ada perbedaan skor kecemasan berbicara di depan
umum antara kelompok yang diberi latihan NLP dengan kelompok yang tidak
diberi latihn NLP (t = -2,188; p < 0,05) dan pada hasil analisis paired simple ttest ditemukan ada perbedaan skor kecemasan berbicara di depan umum pada
kelompok eksperimen setelah mengikuti latihan NLP (t = 3,671; p < 0,05)
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latihan NLP, Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Anchor dan Reframing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | Magister Psikologi Profesi UMBY |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 07:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 07:59 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21538 |