PENGARUH PERMAINAN TANAH LIAT TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS FIGURAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Astuti, Dwi (2016) PENGARUH PERMAINAN TANAH LIAT TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS FIGURAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK (TK). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
skripsi perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi,
dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekspresikan dan
mengaktifkan semua kemampuan. Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki
oleh setiap orang, yang dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat.
Kreativitas merupakan hasil dari interaksi antara individu dan lingkungannya. Kreativitas
hendaknya meresap dalam seluruh kurikulum dan iklim kelas melalui faktor-faktor seperti sikap
menerima keunikan individu, pertanyaan yang berakhir terbuka, penjajakan dan kemungkinan
membuat pilihan. Salah satu kegiatan main yang mengasah kreativitas adalah bermain dengan
tanah liat. Selain bermain tanah liat merupakan permainan yang menyenangkan untuk segala
usia, tanah liat juga memiliki banyak manfaat antara lain dapat mengembangkan kemampuan
motorik dan imajinasi anak sehingga membuat anak lebih pintar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kegiatan bermain tanah liat dalam meningkatkan kreativitas anak TK.
Hipotesis yang diajukan adalah kreativitas sesudah diberi permainan konstruktif akan lebih
tinggi daripada kreativitas sebelum diberi permainan konstruktif.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas TK kelompok B di TK Anak Prima,
Condong Catur Depok Sleman yang berjumlah 11 siswa. Pengambilan data menggunakan Tes
Kreativitas Figural (TKF). Analisis data menggunakan teknik uji t (t-test) dari selisih skor antara
skor pretest dengan posttest kreativitas figural.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor kreativitas pada saat diberi perlakuan
berupa kegiatan bermian tanah liat lebih tinggi daripada sebelum mendapat perlakuan berupa
kegiatan bermain tanah liat Rerata selisih pretest dengan posttest t hitung adalah -0,3505 dan
nilai P value (0,06 > 0,05)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kreativitas sesudah diberi pemainan konstruktif
akan lebih tinggi daripada kreativitas sebelum diberi permainan konstruktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Figural, Permainan Tanah Liat Anak Taman Kanak-Kanak (TK)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:58
Last Modified: 18 Nov 2024 04:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item
View Item