HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH OTORITER ORANGTUA DAN KONTROL DIRI DENGAN KECENDERUNGAN BERPERILAKU BULLYING PADA SISWA

Akollo, Jane Gresia (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH OTORITER ORANGTUA DAN KONTROL DIRI DENGAN KECENDERUNGAN BERPERILAKU BULLYING PADA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.docx

Download (31kB)
[thumbnail of TESIS FULLTEKS] Text (TESIS FULLTEKS)
Tesis _ Jane Gresia Akollo _ 11091013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pola asuh otoriter orangtua dan kontrol diri dengan kecenderungan berperilaku bullying pada siswa. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu 1) ada hubungan positif antara persepsi terhadap pola asuh otoriter orangtua dengan kecenderungan berperilaku bullying pada siswa; 2) ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan kecenderungan berperilaku bullying pada siswa; dan 3) ada hubungan antara persepsi terhadap pola asuh otoriter orangtua dan kontrol diri dengan kecenderungan berperilaku bullying pada siswa. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas kelas XI tahun ajaran 2015/2016. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 96 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala yaitu skala persepsi terhadap pola asuh otoriter orangtua, skala kontrol diri dan skala kecenderungan berperilaku bullying. Sampel penelitian ditentukan dengan metode cluster sampling dan teknik anallisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan 1) bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara variabel persepsi terhadap pola asuh otoriter orangtua dengan kecenderungan berperilaku bullying siswa (r = -0,259 dan p = 0,0110); 2 dengan sumbangan efektif sebesar 6,7%) variabel kontrol diri mempunyai hubungan yang negatif dan signifikan terhadap kecenderungan berperilaku bullying siswa (r = -0,308 dan p = 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 9,5%) dan 3) bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel persepsi terhadap pola asuh otoriter orangtua dan kontrol diri terhadap kecenderungan berperilaku bullying siswa dengan nilai F = 6,146 dan p = 0,003 dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku bullying, kontrol diri, pola asuh otoriter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:07
Last Modified: 18 Nov 2024 07:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item
View Item