PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( 5-6 TAHUN ) DITINJAU DARI STATUS KERJA IBU

Azizah, Rizka Hasnatul (2016) PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( 5-6 TAHUN ) DITINJAU DARI STATUS KERJA IBU. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ilovepdf_merged (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian
pada anak usia dini (5-6 tahun) ditinjau dari status kerja ibu. Hipotesis penelitian
adalah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak usia dini (5-6 tahun) antara anak
yang diasuh oleh ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja. Tingkat
kemandirian anak usia dini (5-6 tahun) lebih rendah pada ibu yang bekerja daripada
tingkat kemandirian anak usia dini (5-6 tahun) pada ibu yang tidak bekerja. Subyek
penelitian berjumlah 46 anak TK yang berusia 5-6 tahun. Alat pengumpul data yang
digunakan adalah behavioral checklist kemandirian pada anak usia dini baik pada
saat di sekolah maupun di rumah, guna mengukur tingkat kemandirian anak lebih
mendalam. Teknik independent sample t-test digunakan untuk menguji perbedaan
antara kemandirian anak pada ibu bekerja dengan kemandirian anak pada ibu tidak
bekerja. Hasil analisis data memperoleh t = 0,631 dengan p = 0,531 (p > 0.050) maka
hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat
kemandirian anak usia dini (5-6 tahun) jika ditinjau dari status kerja ibu, sehingga
baik pada ibu yang bekerja maupun tidak bekerja mempunyai kesempatan untuk
bersikap sama dalam membimbing kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Status Kerja ibu, Ibu Bekerja, Ibu Tidak Bekerja, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 19 Nov 2024 09:07
Last Modified: 19 Nov 2024 09:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21666

Actions (login required)

View Item
View Item