STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Customer Relation di PT Sumber Turindo Yogyakarta Kurun Waktu 2013-2015)

Fitriyani, Linda (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Customer Relation di PT Sumber Turindo Yogyakarta Kurun Waktu 2013-2015). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI PENUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Linda Fitriyani (12071003) “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam
Perusahaan (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Customer
Relation di PT. Sumber Turindo Yogyakarta Kurun Waktu 2013-2015)”.
(Skripsi Sarjana, Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan
Multimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta 2016).
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena perkembangan zaman
yang serba teknologi, apapun bisa diperoleh dengan mudah tanpa harus keluar
ruangan seperti hal nya dengan pembelian tiket pesawat bisa didapatkan dengan
mudah melalui situs web online. Hal tersebut menjadi kekhawatiran bagi agen
perjalanan yang telah ada sebelumnya, takut jika para pelanggan akan beralih ke
pembelian secara online. Oleh karena itu agen-agen perjalanan berlomba-lomba
menyusun strategi pemasaran untuk mempertahankan pelanggan. Rumusan
masalah yang muncul dari latar belakang tersebut adalah “bagaimana strategi
komunikasi pemasaran pada customer relation di PT. Sumber Turindo
Yogyakarta pada tahun 2013-2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran untuk menciptakan customer relation
yang diterapkan oleh Turindo tour&travel selama periode 2013-2015. Dengan
menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Yang menjadi
objek dari penelitian ini adalah Turindo tour&travel di Yogyakarta, dengan teknik
pengumpulan data yang diambil guna memperoleh informasi tentang penelitian
adalah dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi.Penelitian ini
menjelaskan tentang “Strategi Komunikasi Pemasaran dan Customer Relation”
dengan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan
menerapkan strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi
pemasaran. Cara menjaga hubungan dengan pelanggan yang diterapkan di turindo
adalah melalui promosi penjualan dengan cara melakukan saless call atau
kunjungan ke instansi atau perusahaan serta memberikan perlakuan spesial kepada
customer yang loyal dan memiliki database pelanggan turindo yang berfungsi
untuk menyimpan data customer. Untuk menyaingi kompetitor di bidang situs
web online yang telah ada sebelumnya, pada tahun 2015 Turindo telah
meluncurkan situs web pemesanan tiket online www.tiketturindo.com dengan
tujuan supaya bisa menjangkau customer lebih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, customer relation, komunikasi pemasaran, turindo
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 19 Nov 2024 10:54
Last Modified: 19 Nov 2024 10:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21680

Actions (login required)

View Item
View Item