Hardyanti, Ika Nur (2016) KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL AMARIS DIPONEGORO YOGYAKARTA MELALUI CHANNEL MANAGER (FASTBOOKING) (STUDI DESKRIPTIF KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL AMARIS PERIODE JANUARI-JUNI 2016). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
SKRIPSI_COMPLETE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Amaris Diponegoro Yogyakarta melakukan update data terkait dengan
harga kamar dan promosi yang sedang berlangsung pada setiap Online Travel
Agent yang bekerjasama dan website. Untuk memudahkan pekerjaan tersebut
maka dipergunakanlah Channel Manager. Tujuan penelitian ini adalah 1)
Menganalisis penggunaan channel manager dalam mengarahkan tamu memesan
kamar melalui website hotel dibandingkan Online Travel Agent; 2) Menganalisis
penggunaan channel manager dalam meningkatkan tingkat hunian kamar Hotel
Amaris Diponegoro Yogyakarta; 3) Menganalisis penggunaan channel manager
oleh sales e-commerce dalam menjual kamar Hotel Amaris Diponegoro
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pemilihan narasumber penelitian
tersebut adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 1) Hotel
Manager Amaris Diponegoro Yogyakarta; 2) Pegawai di bidang e-commerce
Hotel Amaris Diponegoro Yogyakarta; 3) Pegawai di bidang e-commerce Citra
Dream & POP Hotel; 4) Tamu Hotel Amaris Diponegoro Yogyakarta yang
melakukan pemesanan hotel melalui online travel agent. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Komunikasi pemasaran
menggunakan internet sudah sangat maksimal dalam membantu meningkatkan
occupancy Hotel Amaris Diponegoro Jogjakarta karena memudahkan publik
dalam memesan kamar secara instan; 2) Penggunaan sistem channel manager
dapat membantu dalam meningkatkan tingkat hunian kamar Hotel Amaris
Diponegoro Yogyakarta. Channel manager memudahkan sales-ecommerce
dalam pengaturan harga dan ketersediaan kamar hotel. Pengaturan harga dapat
dilakukan dengan mudah dan persamaan harga di setiap Online Travel Agent
sehingga dapat berdampak pada kenaikan okupansi hotel; 3) Penggunaan
channel manager oleh sales e-commerce dalam menjual kamar Hotel Amaris
Diponegoro Yogyakarta mempermudah dalam mengisi jumlah ketersediaan
kamar, jenis, harga dan fasilitas kamar yang disediakan sehingga informasi
tersebut tersaji lengkap pada setiap halaman Online Travel Agent dan Website;
4) Penggunaan channel manager belum maksimal dalam mengarahkan tamu
memesan kamar melalui website hotel karena kurangnya promosi penjualan
dibandingkan Online Travel Agent. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah
pemesanan kamar hotel periode Januari 2016-Juni 2016 melalui online lebih
banyak melalui Online Travel Agent, yang tertinggi melalui traveloka.
Dikarenakan website hotel kurang fleksibel dalam memberikan promo
sedangkan Online Travel Agent lebih memudahkan hotel dalam membuat
promo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Fast Booking, Amaris Hotel Diponegoro Yogyakarta |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:30 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:30 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21713 |