Wijayanto, Rahadi Agung (2016) Komunikasi Pemasaran Terpadu Konser Sepenuh Cinta Oleh Mara Entertainment (Studi Kualitatif Deskriptif terhadap Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu “Konser Sepenuh Cinta” Tahun 2014 dan 2015). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
S1-2016-10072012-COMPLETE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
S1-2016-10072012-PUBLICATION.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Yogyakarta sebagai kota yang mendapat predikat kota budaya kerap menampilkan
berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengeksplorasi kesenian maupun
kebudayaan setempat. Hal tersebut yang melatarbelakangi Mara Entertainment
selaku Event Organizer di bawah perusahaan PT. Mara Advertising untuk
mengembangkan bisnis yang berorientasi pada ekspresi seni dan budaya. KOnser
Sepenuh Cinta yang telah diadakan dua kali yakni pada tahun 2014 dan 2015
menjadi bukti bahwa Mara Entertainment mampu mengkolaborasikan pertunjukan
eksklusif yang mengkolaborasikan kesenian lokal Yogyakarta dengan pertunjukan
musik yang ditampilkan oleh artis ternama Indonesia. Cara Mara Entertainment
menyampaikan pesan kepada target penonton konser ini melalui komunikasi
pemasaran terpadu yang menjadi latar belakang penulis untuk melanjutkan
penelitian ini.
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memaparkan strategi komunikasi
pemasaran terpadu yang dijalankan oleh Mara Entertainment untuk Konser
Sepenuh Cinta di tahun 2014 dan 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, telah dipaparkan strategi komunikasi pemasaran
terpadu yang dijalankan oleh Mara Entertainment untuk Konser Sepenuh Cinta
tahun 2014 maupun 2015. Adapun bauran komunikasi pemasaran yang dipadukan
satu sama lain antara lain: advertising, direct marketing, internet/ interactive
marketing, sales promotion, publicity/ public relation & personal selling.
Penelitian ini telah memaparkan bahwa Mara Entertainment telah memadukan
bauran komunikasi pemasaran untuk menjadikannya komunikasi pemasaran
terpadu bagi Konser Sepenuh Cinta baik untuk tahun 2014 maupun 2015.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 05:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 05:52 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21735 |