PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Lestari, Endang (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ENDANG LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis berdasarkan permasalahan yang ada di masyarakat,
Perusahaan tidak hanya dituntut mencari keuntungan atau laba semata tetapi juga
harus memperhatikan tanggung jawab sosial di masyarakat. Praktik penerapan
Corporate Social Responsibility oleh perusahaan dapat diwujudkan dengan
pengungkapan tanggungjawab sosial (Corporate Social Responsibility Disclosure)
yang terdapat dalam laporan tahunan perusahaan.. Tujuan penelitian adalah untuk
menganalisis pengaruh ; tipe perusahaan (profile), ukuran perusahaan (size),
profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan (growth), kepemilikan
manajerial terhadap CSRD pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia tahun 2014-2015. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan
sebagai referensi untuk pengambilan kebijakan oleh manajemen perusahaan
mengenai pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dalam laporan
keuangan yang disajikan.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia seperti yang tercantum dalam Indonesian Capital Market
Directory (ICMD) 2014-2015 Penggunaan perusahaan manufaktur sebagai
populasi karena perusahaan-perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang
relatif lebih banyak memiliki dampak lingkungan secara langsung.
Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang
dipilih berdasarkan metoda purposive sampling, yaitu pemilihan sampel sesuai
dengan kriteria tertentu. CSRD diukur dengan menggunakan indikator dari Global
Reporting Initiative (GRI) dengan total 78 item pengungkapan antara lain aspek
ekonomi, aspek lingkungan, aspek hak asasi manusia, aspek praktik tenaga kerja
dan pekerjaan yang layak, aspek tanggung jawab produk, aspek sosial. Alat yang
digunakan. Alat yang digunakan Statistik Deskriptif , Uji Asumsi klasik, Analisis
Regresi Berganda, Pengujian Hipotesis.
Dari hasil penelitian Tipe perusahaan (profile), ukuran perusahaan (size),
profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan (growth), kepemilikan
manajerial tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:47
Last Modified: 20 Nov 2024 08:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item
View Item