Ikhsan, Nurul (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA SLTP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Nurul Ikhsan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara
persepsi terhadap dukungan orangtua dengan penyesuaian sosial di sekolah pada
siswa SLTP. Subjek penelitian berjumlah 74 siswa. Subjek dalam penelitian ini
mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : 1) Siswa SLTP N I Gamping, 2) Berjenis
kelamin laki-laki dan perempuan, 3) Kelas VIII dianggap sudah dapat melakukan
penyesuaian sosial di sekolah. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif
antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan penyesuaian sosial di sekolah
pada siswa SLTP. Data penelitian diperoleh menggunakan Skala Persepsi terhadap
Dukungan Orangtua dan Skala Penyesuaian Sosial di Sekolah. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dari Pearson.
Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = 0,759
(p<0,01) sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap dukungan
orangtua dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa SLTP. Sumbangan
variabel persepsi terhadap dukungan orangtua dengan penyesuaian sosial di sekolah
pada siswa SLTP sebesar 57,7%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi terhadap Dukungan Orangtua, Penyesuaian Sosial di Sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 06:42 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 06:42 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21803 |