HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN WARUNG TENDA

Saktiawan, Tri (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN WARUNG TENDA. Skripsi thesis, Universitas Wangsa Manggala.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
TRI SAKTIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.rtf

Download (62kB)

Abstract

Penelitian mempunyai tujuan mengetahui ada atau tidaknya hubungan
antara persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen warung tenda.
Apabila terdapat hubungan, maka selanjutnya ingin mengetahui seberapa besar
hubungan antara persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen warung
tenda.
Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi
kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Makin positif persepsi kualitas
pelayanan, makin tinggi kepuasan konsumen. Makin negatif persepsi kualitas
pelayanan, makin rendah kepuasan konsumen.
Terdapat dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel
bebas berupa persepsi kualitas pelayanan dan variabel tergantung berupa kepuasan
konsumen.
Sampel yang diambil adalah konsumen warung tenda dengan jumlah 100
orang. Pengambilan sampel yang diperoleh menggunakan tehnik accidental
sampling. Skala merupakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini. Terdapat dua skala dalam penelitian ini yaitu Skala Kualitas
Pelayanan dan Skala Kepuasan Konsumen.
Analisis data terhadap kedua variabel dalam penelitian menghasilkan
koefisien korelasi (r) = 0.856 (p< 0.010) artinya ada hubungan yang positif dan
sangat signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Hipotesis
penelitian yang menyatakan ada hubungan yang positif antara kualitas pelayanan
dengan kepuasan konsumen, diterima. Koefisien determinan (r2
) kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.733. Artinya kualitas pelayanan
memberikan sumbangan terhadap kepuasan konsumen sebesar 73.3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:00
Last Modified: 22 Nov 2024 04:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item
View Item