Purnomo, Agus Haryo (2008) KEPERCAYAAN DIRI DAN ASERTIVITAS VERBAL DI KELAS PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
AGUS HARYO PURNOMO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (842kB)
publikasi.doc
Download (86kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kelas pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kampus pada mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang sedang mengikuti mata kuliah Studium Generalle dan mata kuliah seminar. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Kepercayaan Diri dan Skala Asertivitas Verbal. Hasil analisis korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan r = 0,580 (p < 0,01). Hal ini berarti ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kelas pada mahasiswa. Artinya semakin tinggi tingkat kepercayaan diri akan semakin tinggi pula tingkat asertivitas verbal mahasiswa ketika berada di dalam kelas. Sebaliknya semakin rendah tingkat kepercayaan diri akan semakin rendah pula tingkat asertivitas verbal mahasiswa ketika berada di dala kelas. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sumbangan efektif kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kelas pada mahasiswa 33,6 %. Sehingga masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi sebesar 66,4 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, asertivitas verbal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:11 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:12 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22036 |