KEPERCAYAAN DIRI DAN ASERTIVITAS VERBAL DI KELAS PADA MAHASISWA

Purnomo, Agus Haryo (2008) KEPERCAYAAN DIRI DAN ASERTIVITAS VERBAL DI KELAS PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AGUS HARYO PURNOMO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
publikasi.doc

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kelas pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kampus pada mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang sedang mengikuti mata kuliah Studium Generalle dan mata kuliah seminar. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Kepercayaan Diri dan Skala Asertivitas Verbal. Hasil analisis korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan r = 0,580 (p < 0,01). Hal ini berarti ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kelas pada mahasiswa. Artinya semakin tinggi tingkat kepercayaan diri akan semakin tinggi pula tingkat asertivitas verbal mahasiswa ketika berada di dalam kelas. Sebaliknya semakin rendah tingkat kepercayaan diri akan semakin rendah pula tingkat asertivitas verbal mahasiswa ketika berada di dala kelas. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sumbangan efektif kepercayaan diri dengan asertivitas verbal di kelas pada mahasiswa 33,6 %. Sehingga masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi sebesar 66,4 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, asertivitas verbal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:11
Last Modified: 28 Nov 2024 04:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22036

Actions (login required)

View Item
View Item