HUBUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU PHUBBING PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA

Dana, Komang Tristya (2024) HUBUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU PHUBBING PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Pubikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan media sosial dengan perilaku phubbing pada mahasiswa di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif antara kecanduan media sosial dengan perilaku phubbing pada mahasiswa di Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 187 orang dengan karakteristik mahasiswa aktif yang berada di Yogayakarta, pengguna aktif media sosial dengan rentang usia 18-25 tahun. Pengambilan subjek menggunakan Teknik sampling purposive dengan data yang dikumpulkan menggunakan skala kecanduan media sosial dan skala phubbing. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi (rxy) = 0,644 dengan p = 0,000, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecanduan media sosial dengan perilaku phubbing pada mahasiswa di Yogyakarta. Dalam penelitian ini juga menunjukkan koefisien determinasi (R^2) menunjukan bahwa variabel kecanduan media sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 0,414 hal tersebut menunjukan bahwa variabel kecanduan media sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 41,4% terhadap variabel phubbing dan sisanya 58,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecanduan media sosial, phubbing, mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 08:12
Last Modified: 08 Jan 2025 08:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item
View Item