Dwirama, Shenia Zahra (2024) PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP KAMPANYE ‘BELI LOKAL’ PADA PEMBUKAAN KEMBALI PLATFORM TIKTOK SHOP (STUDI DESKRIFTIF KUALITATIF PADA KOMUNITAS NOVO CLUB DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.pdf
Download (540kB)
BAB I.pdf
Download (870kB)
BAB V.pdf
Download (378kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (494kB)
Skripsi_Shenia Zahra dwirama (26 Juli 2024)[1] (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only
Download (29kB) | Request a copy
Abstract
Kampanye "Beli Lokal" yang diluncurkan oleh TikTok dan Tokopedia bertujuan untuk mendorong konsumen Indonesia agar lebih memilih dan mendukung produk-produk lokal, terutama dengan kembalinya TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap anggota komunitas Novo Club Region 4 Yogyakarta untuk mengidentifikasi dan menganalisis persepsi khalayak terhadap kampanye tersebut. Berdasarkan lima indikator persepsi menurut teori Walgito (pengorganisasian, interpretasi, stimulus, makna, dan respon), penelitian ini menemukan bahwa elemen visual, penggunaan influencer, dan iklan yang strategis sangat berperan dalam membentuk persepsi positif. Adapun temuan hasil pada setiap indikatornya adalah: Pada Pengorganisasian kampanye melalui logo, halaman khusus, dan konten influencer memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Interpretasi khalayak menunjukkan pemahaman mendalam tentang tujuan kampanye. indikator stimulus, penawaran diskon dan pengkategorian produk meningkatkan daya tarik kampanye. Makna yang diambil adalah pentingnya mendukung ekonomi lokal. Respon khalayak tercermin dalam tindakan nyata untuk membeli dan merekomendasikan produk lokal. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi khalayak terhadap kampanye "Beli Lokal" sangat positif, dengan kesadaran yang meningkat tentang pentingnya mendukung produk lokal. Kampanye ini juga merupakan contoh efektif dari strategi public relations dalam membangun kesadaran dan dukungan terhadap produk lokal di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye Beli Lokal, persepsi khalayak, TikTok, Tokopedia, produk lokal, public relations |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 06:15 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 06:15 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22168 |