PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP KAMPANYE ‘BELI LOKAL’ PADA PEMBUKAAN KEMBALI PLATFORM TIKTOK SHOP (STUDI DESKRIFTIF KUALITATIF PADA KOMUNITAS NOVO CLUB DI YOGYAKARTA

Dwirama, Shenia Zahra (2024) PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP KAMPANYE ‘BELI LOKAL’ PADA PEMBUKAAN KEMBALI PLATFORM TIKTOK SHOP (STUDI DESKRIFTIF KUALITATIF PADA KOMUNITAS NOVO CLUB DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Skripsi_Shenia Zahra dwirama (26 Juli 2024)[1] (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Kampanye "Beli Lokal" yang diluncurkan oleh TikTok dan Tokopedia bertujuan untuk mendorong konsumen Indonesia agar lebih memilih dan mendukung produk-produk lokal, terutama dengan kembalinya TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap anggota komunitas Novo Club Region 4 Yogyakarta untuk mengidentifikasi dan menganalisis persepsi khalayak terhadap kampanye tersebut. Berdasarkan lima indikator persepsi menurut teori Walgito (pengorganisasian, interpretasi, stimulus, makna, dan respon), penelitian ini menemukan bahwa elemen visual, penggunaan influencer, dan iklan yang strategis sangat berperan dalam membentuk persepsi positif. Adapun temuan hasil pada setiap indikatornya adalah: Pada Pengorganisasian kampanye melalui logo, halaman khusus, dan konten influencer memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Interpretasi khalayak menunjukkan pemahaman mendalam tentang tujuan kampanye. indikator stimulus, penawaran diskon dan pengkategorian produk meningkatkan daya tarik kampanye. Makna yang diambil adalah pentingnya mendukung ekonomi lokal. Respon khalayak tercermin dalam tindakan nyata untuk membeli dan merekomendasikan produk lokal. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi khalayak terhadap kampanye "Beli Lokal" sangat positif, dengan kesadaran yang meningkat tentang pentingnya mendukung produk lokal. Kampanye ini juga merupakan contoh efektif dari strategi public relations dalam membangun kesadaran dan dukungan terhadap produk lokal di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Beli Lokal, persepsi khalayak, TikTok, Tokopedia, produk lokal, public relations
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2024 06:15
Last Modified: 31 Dec 2024 06:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item
View Item