HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD

Suciati, Nelly (2018) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of cover dan lampiran.pdf] Text
cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of tesis full text.pdf] Text
tesis full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara religiusitas dengan perilaku bullying pada siswa SD di Surakarta. (2) Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa SD di Surakarta. (3) Hubungan antara religiusitas dan regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa SD di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V pada dua SDN Bibis Luhur I Surakarta dan SDN Bibis Luhur II Surakarta berjumlah 130 siswa dengan jumlah sampel 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala, ada tiga skala yaitu religiustas, regulasi emosi, dan perilaku bullying. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas dengan perilaku bullying pada siswa Sekolah Dasar dengan hasil uji korelasi product moment sebesar -0,491 dengan hasil p sebesar 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif religiusitas tehadap perilaku bullying adalah 24,1%. (2) Ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa Sekolah Dasar engan hasil uji korelasi product moment sebesar -0,375 dengan hasil p sebesar 0,002 (p < 0,05). Sumbangan efektif regulasi emosi tehadap perilaku bullying adalah 14%. (3) Ada hubungan antara religiusitas dan regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa Sekolah Dasar dengan nilai Fhitung sebesar 9,41 dengan p = 0,000 (p < 0.05). Kontribusi atau sumbangan religiusitas dan regulasi emosi terhadap perilaku bullying pada siswa Sekolah Dasar sebesar 39,1%.

Kata kunci: Religiustas, Regulasi Emosi, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina DS., M.Si.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:26
Last Modified: 22 Nov 2024 06:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item
View Item