ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMUNGUTAN PAJAK IKLAN REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015-2016

Aisyah, Siti (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMUNGUTAN PAJAK IKLAN REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015-2016. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.docx] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Obyek pajak Iklan akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan perusahaan atau industri dan jasa juga sudah memakai iklan untuk kepentingan bisnis dalam mengembangkan kegiatan jasanya. Salah satu bauran pemasaran adalah promosi yang terdiri antara lain iklan, Iklan dan promosi penjualan. Maka prospek pajak Iklan cukup potensial untuk waktu yang akan datang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas dan efisiensi pemungutan pajak iklantahun 2015-2016 di Kabupaten Sleman, untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak Iklan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sleman tahun 2015-2016. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data laporan Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Sleman mengenai Pajak Iklan Reklame. Penelitian ini hanya menggunakan pedoman penilaian dan kinerja keuangan dari Kepmendagri No.690.900.327 tahun 1996. Jenis-jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Subyek , Data Dokumenter , Data Primer , Data Sekunder. Dalam pemungutan pajak reklame, pihak DISPENDA hanya memberlakukan satu sistem saja, yaitu sistem official assessment. Potensi pajak reklame yang dimiliki Sleman Tahun 2015 target penerimaan pajak reklame 105,8%, dikatakan efektif. Sementara tahun 2016 target penerimaan pajak reklame mengalami penurunan tahun 2016 menjadi 102,3%, namun tetap masih dalam tataran efektif. Pada tingkat efisiensinya antara 12% sampai dengan 17% di mana ini berarti bahwa pajak reklame adalah jenis pajak yang sangat efisien. Kontribusi pajak reklame pada tahun 2015 yaitu sebesar 6,26% pada pajak daerah dan 4,81% terhadap pendapatan asli daerah, penurunan kontirbusi pajak reklame kembali terjadi di tahun 2016 yaitu sebesar 5,59% terhadap pajak daerah dan 3,89% terhadap pendapatan asli daerah.

Kata kunci: Pajak Daerah, Pajak Reklame, Efektivitas, Efisiensi, Kontribusi Pajak Daerah.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:55
Last Modified: 15 Aug 2017 04:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item
View Item