HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA GURU SEKOLAH DASAR

Widiastuti, Dhian Zusmiasih (2008) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA GURU SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
naskah Dhian Zhusmiasih WD.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepribadian hardiness
dengan burnout pada guru sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan terhadap 72 orang guru sekolah
dasar dengan memiliki kriteria sebagai guru tetap dan guru kelas, memiliki masa kerja minimal 1
tahun pada saat dilakukan penelitian, dan mengajar di sekolah dasar dalam kecamatan Sedayu.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kepribadian
hardiness dengan burnout pada guru sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan skala
kepribadian hardiness dan skala burnout. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi
Product Moment dari Karl Pearson. Hasil analisis data menunjukkan nilai r = -0,481 (p < 0,01),
sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Artinya ada korelasi negatif antara kedua variabel,
semakin rendah kepribadian hardiness maka burnout pada guru sekolah dasar cenderung semakin
tinggi dan begitu pula sebaliknya semakin tinggi kepribadian hardiness maka burnout pada guru
sekolah dasar cenderung semakin rendah. Koefisien determinan menunjukkan taraf kepribadian
hardiness memberikan sumbangan efektif sebesar 23,2% terhadap burnout, berarti 76,8%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Hardiness dengan Burnout
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 02 Dec 2024 03:54
Last Modified: 02 Dec 2024 03:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22241

Actions (login required)

View Item
View Item