Dewi, Ni Putu Purnama Ambara Tungga (2024) PERAN PHUBBING DAN BOREDOM TERHADAP SOCIAL MEDIA ADDICTION PADA DEWASA AWAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB SATU]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB LIMA]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
![[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15_Ni Putu Purnama Ambara Tungga Dewi_200810428_Naskah Publikasi.doc
Download (290kB)
Abstract
Media sosial merupakan hasil kemajuan teknologi yang mempengaruhi perilaku
individu dalam memperoleh informasi dan berinteraksi. Saat merasa bosan,
individu lebih tertarik pada aktivitas online, khususnya mengakses media sosial,
daripada interaksi langsung. Hal ini menurunkan interaksi tatap muka dan
meningkatkan kecenderungan social media addiction. Penelitian ini bertujuan
menjelaskan peran phubbing dan boredom terhadap social media addiction pada
dewasa awal. Penelitian menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen dengan
analisis regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik
purposive sampling, melibatkan 192 subjek dewasa awal (18-36 tahun). Hasil
analisis menunjukkan nilai Sig. = 0,000 (p<0,05), yang artinya phubbing dan
boredom secara signifikan berperan positif terhadap social media addiction, dengan
sumbangan efektif sebesar 52%. Phubbing dengan t = 8,265 dan sig. = 0,000
(p<0,05), serta kebosanan dengan t = 3,881 dan sig. = 0,000 (p<0,05), secara
masing-masing mampu memprediksi social media addiction. Hipotesis diterima,
dimana semakin tinggi phubbing dan boredom, semakin tinggi pula social media
addiction, begitupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Phubbing, boredom, social media addiction, dewasa awal. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 07:00 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 07:00 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22269 |