NIAT MEMBELI VOUCHER PULSA TELEPON GENGGAM PADA MAHASISWA DITINJAU DARI PENYAJIAN DISAIN KEMASAN YANG BERBEDA

Waluyo, Sidik Budi (2008) NIAT MEMBELI VOUCHER PULSA TELEPON GENGGAM PADA MAHASISWA DITINJAU DARI PENYAJIAN DISAIN KEMASAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI C-DICK.PDF

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara disain
kemasan voucher pulsa telepon genggam yang bergambar dan tidak bergambar
terhadap niat atau intensi membeli pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan
adalah intensi membeli voucher pulsa telepon genggam yang bergambar lebih
tinggi dari pada intensi membeli voucher pulsa yang tidak bergambar. Subjek
penelitian adalah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebanyak 30
orang yang memiliki skor intensi membeli voucher pulsa telepon genggam rendah
dan sedang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Intensi Membeli Voucher
Pulsa Telepon Genggam. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah Pretest–
Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dibagi menjadi kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik Random Assignment. Kelompok
eksperimen diberi penyajian disain kemasan voucher pulsa yang bergambar
sedangkan kelompok kontrol diberi penyajian disain kemasan voucher pulsa yang
tidak bergambar. Analisis data menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil
perhitungan selisih skor posttest dan pretest kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol diperoleh nilai t sebesar 2,144 (p<0,05). Hasil analisis data menunjukkan
bahwa rata-rata skor intensi membeli voucher pulsa telepon genggam kedua
kelompok berbeda secara signifikan. Kelompok eksperimen yang diberi penyajian
disain kemasan voucher pulsa bergambar memiliki intensi membeli yang lebih
tinggi (mean=13,27) dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi
penyajian disain kemasan voucher pulsa tidak bergambar (mean= -3,47). Hal
tersebut menunjukkan bahwa intensi membeli voucher pulsa telepon genggam
yang bergambar lebih tinggi dari pada intensi membeli voucher pulsa yang tidak
bergambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disain kemasan voucher pulsa bergambar, disain kemasan voucher pulsa tidak bergambar, intensi membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:20
Last Modified: 03 Dec 2024 03:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item
View Item