Syamsudin, Cucu (2005) PENGARUH PENYAJIAN MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS 2 SMU PIRI II YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Wangsa Manggala.
Cucu Syamsudin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (725kB)
Abstract
Kreativitas adalah kemampuan individu secara verbal dan figural untuk
menghasilkan sesuatu yang baru, asli, unik, dan belum pernah dihasilkan
sebelumnya, atau menghasilkan kombinasi baru dari produk yang sudah ada
sebelumnya, kreativitas juga dapat diartikan sebagai cara individu dalam
memandang sesuatu masalah dari berbagai sudut pandang sehingga dalam
menyelesaikan masalah tersebut individu dapat menggunakan berbagai macam
cara baik dengan cara lazim atau yang tidak lazim. Penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penyajian musik klasik Mozart terhadap peningkatan
kreativitas siswa. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA
PIRI II Yogyakarta yang berjumlah 60 orang yang terbagi menjadi 30 orang
kelompok eksperimen dan 30 orang kelompok kontrol. Subyek terdiri laki-laki
dan perempuan yang berusia 16-17 th. Rancangan eksperimen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Rancangan ini
terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Penempatan subyek dilakukan
dengan cara random. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
Independent Simple T-test. Dalam proses analisis skor-skor mentah kreativitas
dirubah menjadi standar nilai (z score). Dari hasil analisis data dapat diketahui
nilai t sebesar 5.213 (p < 0.05), dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada
perbedaan selisih nilai kreativitas kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan
yang berupa penyajian musik klasik Mozart dengan kelompok kontrol yang tidak
diberikan perlakuan. Sementara itu jika melihat rata-rata peningkatan kreativitas,
rata-rata selisih nilai kreativitas kelompok eksperimen sebesar 0.572 setelah
diberikan penyajian musik klasik Mozart dan rata-rata selisih nilai kreativitas pada
kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar -0.572. Kesimpulan yang dapat
diambil dari hasil penelitian ini ini adalah bahwa penyajian musik klasik Mozart
terbukti efektif dalam mempengaruhi peningkatan kreativitas siswa, siswa yang
diberikan penyajian musik klasik Mozart memiliki kreativitas lebih tinggi dari
pada siswa yang tidak diberikan penyajian musik klasik Mozart.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyajian musik klasik Mozart, Kreativitas siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:18 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22463 |