HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA PADA SISWA

Atmini, Istri (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MINAT MEMBACA PADA SISWA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of FULLTEKS] Text (FULLTEKS)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan minat membaca pada siswa, (2) untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan minat membaca pada siswa, dan (3) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan minat membaca pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD N Bogem yang berjumlah 66 siswa. Jumlah tersebut juga sekaligus menjadi sampel penelitian, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur skala minat membaca, skala dukungan sosial orangtua dan skala motivasi berprestasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji asumsi, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian menggunakan korelasi product moment untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, sedangkan untuk hipotesis ketiga dianalisa dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar 0,556(p<0,01). Hasil uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan minat membaca pada siswa. Berdasarkan analisis product moment juga diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar 0,798 (p<0,01). Hasil uji ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan minat membaca pada siswa. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai F=55,267(p<0,01). Hasi uji ini menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan minat membaca pada siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial orangtua, motivasi berprestasi, dan minat membaca pada siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 09 Dec 2024 12:51
Last Modified: 09 Dec 2024 12:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22680

Actions (login required)

View Item
View Item