PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA WANITA DALAM PROSES PERCERAIAN

Pratiwi, Novita (2017) PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA WANITA DALAM PROSES PERCERAIAN. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of FULLTEKS] Text (FULLTEKS)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cogniive
behavior therapy (CBT) terhadap penurunan tingkat kecemasan pada
wanita usia 40 tahun yang sedang dalam proses perceraian. CBT diberikan
sebanyak 4 kali. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan skala BAI. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan
small N experiment dengan desain ABA. Data dianalisa dengan
menggunakan teknik visual inspection dan kualitatif. Hasil analisis
menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan sebelum,
selama terapi dan sesudah dilakukan terapi. Skor kecemasan subjek pada
saat baseline awal berada pada kategori tinggi, kemudian menurun pada
saat intervensi menjadi sedang hingga rendah dan tetap stabil di tingkat
rendah hingga baseline akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Cognitive Behavior Therapy (CBT) berpengaruh terhadap penurunan
tingkat kecemasan pada wanita dalam proses perceraian.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: CBT, Kecemasan, Perceraian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 09 Dec 2024 13:08
Last Modified: 09 Dec 2024 13:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item
View Item