Dewi, Nurlitha Prima (2007) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR BIASA (konvensional) DENGAN SISWA SEKOLAH DASAR ALAM. Skripsi thesis, Universitas Wangsa Manggala.
Naskah Publikasi 3.rtf
Download (36kB)
NURLITHA PRIMA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (829kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar
antara siswa Sekolah Dasar biasa (konvensional) dengan siswa Sekolah Dasar
alam. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi
belajar antara siswa Sekolah Dasar biasa (konvensional) dengan siswa Sekolah
Dasar alam. Siswa yang bersekolah di Sekolah Dasar biasa (konvensional)
memilki motivasi belajar yang lebih rendah dibandingkan siswa Sekolah Dasar
alam. Penelitian ini dilakukan pada 50 siswa-siswi Sekolah Dasar biasa dan 50
siswa-siswi Sekolah Dasar alam. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam
mengumpulkan data penelitian adalah dengan menggunakan skala motivasi
belajar.
Analisis yang digunakan untuk mengkaji perbedaan motivasi belajar siswa
Sekolah Dasar biasa (konvensional) dengan siswa Sekolah Dasar alam dengan
menggunakan Independent sample t-tes, hasil yang diperoleh dari analisis data
adalah nilai t sebesar 2,851 dengan signifikansi sebesar 0,005 (p < 0,05) yang
berarti terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa Sekolah Dasar biasa
(konvensional) dengan siswa Sekolah Dasar alam. Siswa Sekolah Dasar biasa
xiii
(konvensional) memiliki motivasi belajar yang lebih rendah (mean: 19,08)
dibandingkan siswa Sekolah Dasar alam (mean: 20,46). Jadi hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Sekolah Dasar biasa (konvensional) dan Sekolah Dasar alam. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:39 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:39 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22699 |