Yunita, Niken Tri (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN STRES PADA ANAK MASA SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Wangsa Manggala.
NASKAH PUBLIKASI .rtf
Download (69kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan stres pada anak masa sekolah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan stres pada anak masa sekolah. Anak yang mempersepsi positif terhadap dukungan orangtua akan memiliki tingkat stres lebih rendah, sedangkan anak yang mempersepsi negatif terhadap dukungan orangtua maka tingkat stres akan tinggi. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V dengan jumlah 92 orang yang terdiri dari 43 orang murid SDN Nogotirto dan 49 orang murid SDN Demakijo 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Persepsi terhadap Dukungan Orangtua dan Skala Stres Anak. Hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar - 0,297 (p<0,01), berarti ada hubungan negatif antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan stres pada anak masa sekolah. Hipotesis penelitian ini diterima. Variabel persepsi terhadap dukungan orangtua memberikan sumbangan sebesar 8,8 % terhadap pengurangan stres pada anak masa sekolah. Hasil ini menunjukkan bahwa masih ada 91,2 % sisanya dipengaruhi faktor lain
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi terhadap dukungan orangtua, stres pada anak masa sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22705 |