EFEKTIVITAS PELATIHAN BERPIKIR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMA

Munadir, Munadir (2007) EFEKTIVITAS PELATIHAN BERPIKIR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
MUNADIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa SMA yang berada pada masa remaja, merupakan masa yang rentan
terhadap suatu masalah. Pada masa tersebut remaja sedang dalam masa pencarian jati
diri, sehingga masalah yang menyangkut dirinya akan banyak dijumpai dalam
kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan
berpikir kreatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswasiswi SMA. Hipotesis yang diajukan adalah kemampuan pemecahan masalah pada
kelompok yang diberi perlakuan Pelatihan Berpikir Kreatif lebih tinggi dibandingkan
dengan kelompok yang tidak diberikan Pelatihan Berpikir Kreatif. Data penelitian
diungkap dengan menggunakan Skala Kemampuan Pemecahan Masalah. Analisis
data menggunakan teknik Independent Sample T-test dan data yang dianalisis
merupakan gained score post test dan pre test yang hasilnya diperoleh t = 9,115 (p <
0,01). Nilai rerata skor post test kelompok eksperimen sebesar 89,32 dengan kategori
tinggi dan nilai rerata skor post test kelompok kontrol sebesar 74,89 dengan kategori
sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelompok
yang mendapatkan Pelatihan Berpikir Kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan
kelompok yang tidak mendapatkan Pelatihan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Berpikir Kreatif, Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 10 Dec 2024 06:48
Last Modified: 10 Dec 2024 06:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item
View Item