Turrohmah, Sa’diyah (2007) EFEKTIVITAS MENDONGENG UNTUK MENINGKATKAN BUDI PEKERTI ANAK USIA PRASEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Wangsa Manggala.
Efektivitas mendongeng.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (449kB)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (63kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan budi pekerti pada anak
usia prasekolah antara sebelum dengan sesudah diberikan dongeng fabel. Hipotesis
yang diajukan dalam penelitian adalah terdapat perbedaan budi pekerti pada anak usia
prasekolah pada subjek sebelum dan sesudah diberikan dongeng fabel. Subjek
mengalami peningkatan budi pekerti setelah diberikan dongeng fabel. Subjek dalam
penelitian sebanyak 13 anak Taman Kanak-kanak (TK) Nurul ittihad Gamping
Yogyakarta. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian adalah One
Group Pretest-Posttest Design dengan pengumpulan data menggunakan metode
rating yang dijumlahkan (Methods of Summated Rating) berupa Skala Budi Pekerti
pada Anak Usia Prasekolah. Analisis data menggunakan teknik Wilcoxon Signed
Ranks Test yang bersifat non-parametrik. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai
koefisien perbedaan antara sebelum dengan sesudah perlakuan adalah 0,002 (p<0,01).
Berdasarkan hasil tersebut berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada Budi
Pekerti subjek sebelum dan sesudah diberikan dongeng fabel. Subjek yang diberikan
dongeng fabel mengalami peningkatan budi pekerti. Hal tersebut menunjukkan
bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian dapat diterima. Beberapa kelemahan
yang terdapat dalam penelitian yaitu berkaitan dengan bentuk desain eksperimen,
subjek, dan alat ukur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mendongeng l, Budi Pekerti pada Anak Usia Prasekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 10:27 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 10:27 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22832 |