Bintara, Chandra Satya (2024) PENGARUH PENYUSUNAN PESAN BAHASA GAUL GEN ALPHA TERHADAP KENDALA PERCAKAPAN GEN Z DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
210710043-ABSTRAK.pdf
Download (37kB)
210710043-BAB I.pdf
Download (613kB)
210710043-BAB V.pdf
Download (35kB)
210710043-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (122kB)
210710043-FULL TEXT .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
210710043-Naskah Publikasi.pdf
Download (429kB)
Abstract
Bahasa adalah alat vital dalam komunikasi manusia, berfungsi sebagai sistem simbol untuk
menyampaikan pikiran, perasaan, dan ide. Bahasa gaul Gen Alpha, yang dipengaruhi oleh teknologi
dan media sosial, menciptakan dinamika komunikasi lintas generasi. Penelitian ini mengkaji pengaruh
Pengaruh Penyusunan Pesan Bahasa Gaul Gen Alpha Terhadap Kendala Percakapan Gen Z di
Yogyakarta. Menggunakan metode survei kuantitatif dengan teknik pengumpulan data stratifikasi di
lima wilayah, penelitian ini menerapkan teori Konstruktivisme dan teori Kendala Percakapan. Hasil
analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0.913, yang
berarti 91.3% variasi dalam kendala komunikasi dapat dijelaskan oleh variabel Konstruktivisme. Uji
linearitas, uji F, dan uji T menunjukkan bahwa penggunaan bahasa gaul Gen Alpha mempengaruhi
kendala komunikasi Generasi Z dengan nilai signifikansi p < 0.05. Kesimpulan penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan bahasa gaul Gen Alpha oleh Generasi Z di Yogyakarta dipengaruhi
oleh berbagai variasi dimana semakin besar konstruktivisme semakin besar kendala percakapan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruktivisme, Kendala Pesan, Bahasa Gaul Gen Alpha, Generasi Z, Yogyakarta. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 01:14 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 01:14 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22914 |