Zhyrgalbekovich, Zhyrgalbekov Syimyk (2023) HUBUNGAN KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.pdf
Download (35kB)
BAB I.pdf
Download (139kB)
BAB V.pdf
Download (139kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (107kB)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kecamasan merupakan reaksi dalam tubuh akibat dorongan dari dalam atau
luar dan dikuasai oleh sususan urat saraf yang otonom sehingga menimbulkan
reaksi kecemasan. Selain kecemasan belajar, motivasi belajar juga menjadi salah
satu faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas belajar yang menjadi
salah satu kunci keberhasilan siswa dalam belajar. Motivasi belajar hadir sebagai
upaya untuk menciptakan kondisi seseorang agar mau dan ingin untuk belajar.
Kecemasan belajar dan motivasi belajar rendah yang dialami siswa dapat
menyebabkan banyak hal negatif, salah satunya adalah hasil belajar yang rendah.
Hasil belajar adalah hasil akhir yang diterima oleh siswa yang berupa pemahaman
dalam mengasai konsep pembelajaran matematika setelah proses belajar. Oleh
karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah apakah
terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecemasan belajar dan hasil
belajar matematika; (2) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika; (3) Untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan belajar
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi untuk penelitian
ini adalah siswa SMP Kesatuan Bangsa dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 8 SMP Kesatuan Bangsa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket
kecemasan belajar dan angket motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara
kecemasan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kesatuan
Bangsa dengan nilai pearson correlation -0,965 dan nilai signifikasi 0,000; (2)
Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil
belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kesatuan Bangsa dengan nilai pearson
correlation 0,842 dan nilai signifikasi 0,000; (3) 3. Terdapat hubungan yang
signifikan antara kecemasan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Kesatuan Bangsa dengan nilai R 0,850 dan nilai
signifikasi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kenaikan dan penurunan hasil
belajar matematika siswa berkaitan dengan kecemasan belajar dan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Belajar, Motivasi Belajar, Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Korelasi Berganda |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:41 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:41 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22925 |