EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Bere, Siprianus Medianto (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SKRIPSI_SIPRIANUS MEDIANTO BERE_201420035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKA PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Berpikir kreatif adalah sebuah proses yang mengembangkan ide-ide yang tidak
biasa dan menghasilkan pemikiran yang baru yang memiliki ruang lingkup yang
luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan
pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa
pada pokok bahasan lingkaran di SMP N Satu Atap Nerong. Jenis penelitian ini
yang di gunakan adalah expriment. Hasil penelitian pada efektifitas peddekatan
pembelajaran matematika realistik siswa kelas VII SMP N 1 Atap Nerong
diperoleh dengan rata-rata perbedaan sebesar 10,00 dan nilai sig sebesar 0,015
dimana nilai sig 0,015 < 0,05. Dan nilai t_hitungsebesar 3,00 > t_tabel sebesar
0,69981, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya
rata-rata hasil belajar posttest pada kelompok eksperimen siswa kelas VII lebih
dari nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yakni sebesar 75. Hasil uji hipotesis
dengan menggunakan metode Independent Sampel T-test pada hasil belajar siswa
pada uji preetest diperoleh nilai sig. sebesar 0,079, dan nilai sig. 0,079 > 0,05
maka Ha ditolak dan Ho diterima, yang artinya tidak ada perbedaan rata-rata hasil
belajar siswa pada uji pretest antara kelompok kontrol dengan kelompok
eksperimen. Sedangkan pada uji hipotesis pada hasil belajar siswa pada uji
posttest diperoleh nilai sig. sebesar 0,000, dan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka Ho
ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar
siswa pada uji posttest antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran matematika, pembelajaran matematika realistis, pola lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:42
Last Modified: 08 Jan 2025 06:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item
View Item