PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA TANGERANG

Rahmawati, Adisa (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL TEXT VERSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.pdf

Download (367kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak
signifikan pada berbagai sektor, termasuk pemasaran. Salah satu contohnya adalah
penggunaan Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram oleh merek
kecantikan Somethinc. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh E-WOM
pada akun Instagram @somethincofficial terhadap keputusan pembelian di Kota
Tangerang. Metode menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan
melalui survei yang didistribusikan kepada 100 responden yang memenuhi kriteria
sebagai pengikut akun Instagram @somethincofficial dan pernah melakukan
pembelian dalam tiga bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan regresi
linier sederhana untuk mengevaluasi kekuatan dan signifikansi pengaruh tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM akun Instagram @somethincofficial
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen
di Kota Tangerang dengan persamaan regresi yang didapatkan Y = 20,348 + 0,547X
pada tingkat signifikansi 0,000 (<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa
penggunaan E-WOM yang efektif dapat meningkatkan kredibilitas merek dan
merangsang niat pembelian dan Instagram mampu menjadi platform strategis bagi
merek kecantikan. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi strategi
pemasaran yang memanfaatkan umpan balik konsumen dan keterlibatan komunitas
online untuk memperkuat pengaruh merek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Instagram, keputusan pembelian, merek kecantikan, Somethinc
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:38
Last Modified: 16 Apr 2025 07:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23148

Actions (login required)

View Item
View Item