HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN DIBULLY DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA AWAL KORBAN BULLYING

Evanti, Fransisca Jovita Diah (2025) HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN DIBULLY DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA AWAL KORBAN BULLYING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK BHS INDO & BHS INGGRIS_Fransisca.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB 1 PUBLIKASI_Fransisca.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V PUBLIKASI_Fransisca.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PUBLIKASI_Fransisca.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Naskah Skripsi FIXXX_Fransiscaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_FRANSISCA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Pada tahap remaja awal, perkembangan emosi cenderung sensitif dan kritis.
Perasaan ini seringkali negatif dan mudah berubah, membuat remaja lebih
temperamental. Dalam hal ini dapat mengakibatkan lemahnya dalam pengelolaan
emosi yang dapat memicu berbagai masalah di kalangan remaja, seperti terjadinya
bullying yang belakangan ini kembali mencuat di media. Budaya bullying yang
terjadi dengan alasan senioritas masih terus berlangsung di kalangan pelajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengalaman dibully
dengan kepercayaan diri pada remaja awal korban bullying. Subjek penelitian ini yaitu
sebanyak 120 remaja dengan rentang usia 12-15 tahun yang pernah mengalami bullying.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala
pengalaman dibully dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis yang digunakan untuk uji
hipotesis adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil
korelasi (rxy) -0,331 dengan p 0,001 (p < 0,050)). Hasil tersebut menunjukkan bahwa
terdapat hubungan negatif antara pengalaman dibully dengan kepercayaan diri pada
korban bullying. Sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Kepercayaan Diri, Remaja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:29
Last Modified: 04 Mar 2025 06:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item
View Item