PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GODEAN

Nursa'adah, Heti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GODEAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of COVER dan LAMPIRAN.pdf] Text
COVER dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Godean. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 kelas dan sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan teknik Purposive sampling. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang akan mendapat perlakuan model pembelajaran Make A Match dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Masingmasing kelas terdiri dari 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test, uji T2 Hotteling’s, dan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil uji Paired Sample T-test untuk kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ditolak dan kelas kontrol nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ditolak. Sedangkan uji Paired Sample T-Test untuk keaktifan siswa kelas eksperimen nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 yang artinya ditolak dan kelas kontrol nilai signifikansinya 0,003 < 0,05 yang artinya ditolak 2) hasil uji T2 Hotteling’s menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ditolak 3) hasil uji Independent Sample T-Test untuk kemampuan komunikasi matematis nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ditolak. Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test untuk keaktifan siswa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis maupun keaktifan siswa dan model pembelajaran Make A Match lebih baik/unggul dari pada model pembelajaran konvensional ditinjau baik dari kemampuan komunikasi matematis maupun keaktifan siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Godean.

Kata kunci: Make A Match, Komunikasi Matematis, Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Heru Sukoco, S.Si.,M.Pd
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:37
Last Modified: 19 Aug 2022 02:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item