PELATIHAN EFIKASI DIRI AKADEMIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hernawati, Tuti (2018) PELATIHAN EFIKASI DIRI AKADEMIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri
akademik terhadap penurunan perilaku menyontek siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu
pelatihan efikasi diri akademik dapat menurunkan perilaku menyontek siswa. Subjek
penelitian sebanyak 30 orang dengan tingkat perilaku menyontek sedang sampai tinggi
dan tingkat efikasi diri akademik rendah sampai sedang. Subjek ditempatkan secara
random : 15 orang kelompok eksperimen (KE) dan 15 orang kelompok kontrol (KK).
Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Metode
pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek dan skala efikasi diri
akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dan
paired sample t-test.Hasil analisis independent sample t-testmemperlihatkan koefisien t
= -6,482 (p = 0,000). Hal ini menunjukkan ada perbedaan perilaku menyontek diantara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberi pelatihan efikasi diri
akademik. Hasil analisis paired sample t-testdiperoleh t = 18,240 (p = 0,000). Hal ini
menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan diantara perilaku menyontek pada
siswa sebelum dan sesudah diberi pelatihan efikasi diri akademik. Dari data yang
didapat maka disimpulkan bahwa pelatihan efikasi diri akademik efektif dalam
menurunkan perilaku menyontek siswa.
Kata kunci : pelatihan efikasi diri akademik, perilaku menyontek

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si, Psikolog (Pembimbing 1) Santi Esterlita Purnamasari M.Si, Psikolog (Pembimbing 2)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 17 Apr 2018 05:43
Last Modified: 16 Aug 2022 07:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item
View Item