EMOTION-FOCUSED COPING PADA PENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB

Negara, Dwipa Satria (2018) EMOTION-FOCUSED COPING PADA PENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi BAB 1.pdf]
Preview
Text
Skripsi BAB 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi BAB 2.pdf] Text
Skripsi BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[thumbnail of Skripsi BAB 3.pdf] Text
Skripsi BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[thumbnail of Skripsi BAB 4.pdf] Text
Skripsi BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of Skripsi BAB 5.pdf]
Preview
Text
Skripsi BAB 5.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidik sekolah berkebutuhan khusus adalah pendidik yang bertugas untuk
memberikan pembelajaran pada anak dengan keterbatasan pada dirinya.
Pembelajaran yang diberikan berbeda dengan anak pada umumnya yang
mengharuskan pendidik untuk tetap terjaga kondisi dirinya, namun tidak berarti
pendidik dapat lepas begitu saja dari permasalahannya. Dalam menjaga kondisi
tersebut pendidik pun harus bisa menyelesaikan atau menghadapi permasalahan
tanpa menimbulkan pengaruh yang besar dalam dirinya. Respons yang diberikan
adalah dengan menggunakan teknik Emotion-Focused Coping. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penggunaan Emotion-Focused Coping di kalangan
para pendidik yang bertugas di sekolah luar biasa di SMPLB. Partisipan dalam
penelitian berjumlah 2 orang yang menjadi partisipan utama. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi semi
partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua partisipan penelitian
menggunakan teknik Emotion-Focused Coping dalam menghadapi atau
menyelesaikan permasalahan. Dalam penggunaan teknik Emotion-Focused Coping
kedua partisipan tidak menggunakan aspek-aspek yang sama ketika menghadapi
atau mengatasi permasalahannya, namun kedua partisipan menggunakan aspekaspek
yang berbeda-beda berdasarkan kondisi permasalahan. Penggunaan teknik
Emotion-Focused Coping tidak hanya dipengaruhi pada kondisi serta situasi
permasalahan, tetapi juga pada faktor-faktor yang mendukung penggunaan teknik
coping itu sendiri.
Kata kunci: Emotion-Focused Coping, Pendidik Sekolah Luar Biasa, Anak
Berkebutuhan Khusus, Coping

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 May 2018 03:15
Last Modified: 18 Aug 2022 06:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item
View Item