Putri, Anisa (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI KEEFEKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (116kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (318kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (631kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (516kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (387kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang
memenuhi kualitas media dari aspek valid, praktis, dan efektif. Media yang
dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis virtual pada materi lingkaran
untuk siswa SMP kelas VII semester 2 dengan menggunakan aplikasi adobe flash
cs 5.5
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yaitu
Analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan),
Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian media pembelajaran untuk
ahli materi, ahli media dan siswa.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis virtual
pada materi lingkaran ditinjau dari keefektifan hasil belajar siswa berupa aplikasi
adobe flah untuk SMP kelas VIII Semester 2 dengan format “.exe”. Media tersebut
telah dinyatakan valid oleh para ahli dengan mendapatkan skor masing-masing
untuk ahli materi dan 68 kategori sangat baikdan untuk ahli media 73 kategori
sangat baik. Lebih lanjut, media pembelajaran tersebut dinyatakan praktis
berdasarkan hasil penilaian angket siswa dengan skor 2066 kategori sangat baik.
sedangkan prosentase ketuntastan siswa terhadap keefektifan hasil belajar yaitu
100%.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasi virtual yang
dikembangkan telah layak untuk digunakan dan memenuhi kualitas media dari
aspek valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nuryadi, S.Pd, Si, M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 24 May 2018 03:48 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:12 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2874 |