PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI KEEFEKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

Putri, Anisa (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI KEEFEKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang
memenuhi kualitas media dari aspek valid, praktis, dan efektif. Media yang
dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis virtual pada materi lingkaran
untuk siswa SMP kelas VII semester 2 dengan menggunakan aplikasi adobe flash
cs 5.5
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yaitu
Analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan),
Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian media pembelajaran untuk
ahli materi, ahli media dan siswa.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis virtual
pada materi lingkaran ditinjau dari keefektifan hasil belajar siswa berupa aplikasi
adobe flah untuk SMP kelas VIII Semester 2 dengan format “.exe”. Media tersebut
telah dinyatakan valid oleh para ahli dengan mendapatkan skor masing-masing
untuk ahli materi dan 68 kategori sangat baikdan untuk ahli media 73 kategori
sangat baik. Lebih lanjut, media pembelajaran tersebut dinyatakan praktis
berdasarkan hasil penilaian angket siswa dengan skor 2066 kategori sangat baik.
sedangkan prosentase ketuntastan siswa terhadap keefektifan hasil belajar yaitu
100%.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasi virtual yang
dikembangkan telah layak untuk digunakan dan memenuhi kualitas media dari
aspek valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd, Si, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 24 May 2018 03:48
Last Modified: 19 Aug 2022 01:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item
View Item