HUBUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF DAN PENYESALAN PASCA PEMBELIAN DI DEPARTMENT STORE X PADA MAHASISWA

Wahyuni, Sri (2018) HUBUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF DAN PENYESALAN PASCA PEMBELIAN DI DEPARTMENT STORE X PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelian impulsif dan penyesalan pasca pembelian di department store X pada mahasiswa. Penyesalan pasca pembelian merupakan suatu emosi negatif yang dirasakan seseorang setelah membeli sesuatu, karena setelah membeli suatu produk konsumen biasanya akan melakukan perbandingan antara produk yang sudah dibeli dengan produk yang tidak dibeli, dan juga karena konsumen merasakan perbandingan yang tidak setara antara apa yang diharapkan dengan apa yang didapatkan setelah membeli dan menggunakan suatu produk dan mengakibatkan penyesalan setelah pembelian. Pembelian impulsif adalah suatu proses pengambilan keputusan untuk membeli sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya yang tidak dapat ditolak tanpa mempedulikan akibat negatif yang akan di dapatkan dan adanya keterlibatan emosional yang tinggi dalam melakukan suatu pembelian. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa yang pernah berbelanja produk di department store X dengan jumlah total subjek 200 orang mahasiswa, yang digunakan untuk try out skala dan pada saat penelitian. Penentuan jumlah subjek berdasarkan teknik incidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis dan membuktikan hipotesis penelitian. analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah Korelasi Product Moment dari Karl Pearson yang dilakukan dengan menggunakan bantuan Program Statistik SPPS 23.0 for windows, dengan taraf signifikansi 0,050. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,357 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,050). Dari hasil data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pembelian impulsif dengan penyesalan pasca pembelian.
Kata kunci: Penyesalan Pasca Pembelian, Pembelian Impulsif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Domnina Rani P. Rengganis, S.Psi, M.Si, CPHR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:42
Last Modified: 18 Aug 2022 07:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item
View Item