Mahayati, Meta (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 1 PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (60kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (132kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Download (33kB) | Preview
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Meta Mahayati: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Kelas XI IPS 1 pada Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)
berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Skripsi. Yogyakarta, Strata Satu, Universitas
Mercu Buana Yogyakarta, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa klasifikasi gaya belajar siswa
berdasarkan gaya belajar Kolb dan deskripsi hasil analisa kemampuan pemecahan
masalah siswa untuk setiap gaya belajar pada model pembelajaran Missouri
Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan mixed methods. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1
SMA Negeri 1 Imogiri tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa.
Pengumpulan data dengan angket gaya belajar Kolb, tes kemampuan
pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Seluruh siswa kelas XI IPS 1
diidentifikasi tipe gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar Kolb.
Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dari hasil tes kemampuan
pemecahan masalah kemudian dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara.
Subjek wawancara terdiri dari 8 yang terbagi kedalam 2 siswa untuk masing-masing
tipe gaya belajar. Analisis data kuantitatif dengan mengkategorikan gaya belajar.
Analisis kualitatif dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya belajar Diverger paling banyak
jumlahnya di kelas XI IPS 1; 2) Siswa dengan gaya belajar Konverger, Diverger
dan Akomodator mampu memahami masalah, merencanakan langkah
penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan menarik kesimpulan dengan
baik. Siswa dengan gaya belajar Asimilator mampu melaksanakan tahap
memahami masalah, merencanakan langkah penyelesaian dan melaksanakan
rencana penyelesaian dengan baik, dan dinilai cukup dalam menarik kesimpulan.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Missouri Mathematics Project,
Gaya Belajar Kolb
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Muhammad Irfan Rumasoreng,S.Pd.,M.Pd |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 07:11 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:10 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3259 |