PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SILVING (CPS) PADA SISWA KELAS XI SMA

Bili, Maria Gaudensiana (2018) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SILVING (CPS) PADA SISWA KELAS XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar matematika dengan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Imogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif. Subyek penelitian siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Imogiri tahun ajaran 2018/2019. Jumlah siswa 27 orang. Penelitian tindakan kelas terlaksana dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, satu kali evaluasi siklus I siklus II terdiri dari satu kali pertemuan serta evaluasi siklus II. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa dengan data perbandingan yaitu hasil angket siswa, hasil wawancara guru dan siswa, catatan lapangan, hasil LKS dan hasil tes prestasi.
Pelaksanaan model pendekatan pembelajaran ini adalah guru dan peneliti berperan sebagai kolaborator. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket siswa, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, triangulasi, dan display data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan model pendekataan Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kedisiplinan siswa sebesar 1,79% dalam pembelajaran matematika pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri Imogiri. Hal ini ditunjukan dengan proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pendekatan Creative Problem Solving (CPS) terus meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 7% dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu hasil akhir rata-rata kelas mencapai 90,51%.
Kata Kunci: Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Kedisiplinan dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd.,Si.,M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:19
Last Modified: 19 Aug 2022 01:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item
View Item