PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Titus, Leonardus (2018) PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of 8._BAB_I.PDF]
Preview
Text
8._BAB_I.PDF

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_II.PDF] Text
9._BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of 10._BAB_III.PDF] Text
10._BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[thumbnail of 11._BAB_IV.PDF] Text
11._BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of 12._BAB_V.PDF]
Preview
Text
12._BAB_V.PDF

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh pelatihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang memiliki efikasi diri akademik sebanyak 9 mahasiswa yang telah disesuaikan dengan karakteristik subjek penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik (32 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,906) yang peneliti susun berdasarkan konstrak yang dikemukakan para ahli. Metode analisis yang digunakan adalah analisiS paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara efikasi diri akademik mahasiswa sebelum mengikuti pelatihan berpikir positif dengan efikasi diri akademik mahasiswa setelah mengikuti pelatihan berpikir positif (t= -5,752 dan p= 0,000) dimana efikasi diri akademik mahasiswa setelah mengikuti pelatihan lebih tinggi dibanding sebelum mengikuti pelatihan (Mean pretest = 85,33 dan Mean posttest = 104,89). Kata Kunci : efikasi diri akademik, pelatihan berpikir positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 27 Aug 2018 09:11
Last Modified: 18 Aug 2022 07:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item
View Item