HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH PERMISIF INDIFFERENT ORANGTUA DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA KORBAN BULLYING SKRIPSI Oleh: Sri Rahayu 13081325 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA YOGYAKARTA 2018

Rahayu, Sri (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH PERMISIF INDIFFERENT ORANGTUA DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA KORBAN BULLYING SKRIPSI Oleh: Sri Rahayu 13081325 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA YOGYAKARTA 2018. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh permisif inidfferent orangtua dengan perilaku asertif pada remaja korban bullying. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumber informasi dan referensi baru mengenai hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh permisif indfferent orangtua dengan perilaku asertif pada remaja korban bullying. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan sarakteristik subjek penelitian adalah remaja yang mengenyam pendidikan sekolah menengah atas (SMA) yang tinggal dengan kedua orangtua. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala bullying, skala perilaku asertif dan skala pola asuh permisif indfferent orangtua. Penulisan aitem skala bullying mengacu pada bentuk-bentuk bullying yang dikemukakan oleh Beane (2008), skala perilaku asertif mengacu pada aspek-aspek perilaku asertif menurut Alberti & Emmons (2002) dan skala pola asuh permisif indfferent orangtua yang mengacu pada aspek-aspek pola asuh permisif indfferent orangtua dikemukakan oleh Widyarini (2009). Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh permisif indfferent orangtua dengan perilaku asertif pada remaja korban bullying. Koefisien korelasi antara persepsi anak terhadap pola asuh permisif inidfferent orangtua dengan perilaku asertif pada remaja korban bullying sebesar rxy = -0,254 dan taraf signifikan p=0,014 (p<0,050) menunjukan adanya hubungan negatif antara persepsi anak terhadap pola asuh permisif indifferent orangtua dengan perilaku asertif yang signifikan, artinya hipotesis diterima. Hal ini menjelaskan bahwa semakin positif persepsi anak terhadap pola asuh permisif indifferent orangtua maka cenderung semakin rendah perilaku asertif. Sebaliknya semakin negatif persepsi anak terhadap pola asuh permisif indifferent orangtua maka cenderung semakin tinggi perilaku asertif.
Kata kunci : Persepsi Anak terhadap Pola Asuh Permisif Inidfferent Orangtua; Perilaku Asertif; Remaja Korban Bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr.Triana Noor Edwin DS. M.Si. Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:40
Last Modified: 18 Aug 2022 07:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item
View Item