EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR

Yanti, Meitty Tri (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of cover dan halaman.pdf] Text
cover dan halaman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of full text.pdf] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas
pembelajaran matematika melalui meotde group to group terhadap aktivitas,
motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Sedayu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain
penelitian pretest posttest control group design. Ada dua kelompok yang
digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Sedayu yang ada 7 kelas dan total jumlahnya adalah 224 siswa. Sedangkan
sampelnya adalah kelas VIII F dan VIII G yang diambil berdasarkan rekomendasi
guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Dalam hal ini,
kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode group to group,
sedangkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode
konvensional. Adapun instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar
observasi aktivitas belajar, dan angket motivasi belajar. Untuk mengetahui
perbedaan efektifitas penggunaan metode group to group dan metode
konvensional digunakan uji manova, dan untuk melihat variabel yang lebih efektif
terhadap aktivitas, motivasi, dan hasil belajar digunakan uji independent sample ttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas
metode group to group dan metode konvensional terhadap aktivitas, motivasi dan
hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Dari hasil penelitian
diperoleh bahwa metode group to group efektifitasnya lebih baik terhadap
aktivitas, motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu.
Kata kunci: aktivitas, motivasi, hasil belajar, dan group to group

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,.Si.,M.Pd
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:29
Last Modified: 19 Aug 2022 02:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item
View Item