Yanti, Meitty Tri (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (234kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (641kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (456kB)
BAB V.pdf
Download (91kB) | Preview
cover dan halaman.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
full text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas
pembelajaran matematika melalui meotde group to group terhadap aktivitas,
motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Sedayu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain
penelitian pretest posttest control group design. Ada dua kelompok yang
digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Sedayu yang ada 7 kelas dan total jumlahnya adalah 224 siswa. Sedangkan
sampelnya adalah kelas VIII F dan VIII G yang diambil berdasarkan rekomendasi
guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Dalam hal ini,
kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode group to group,
sedangkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode
konvensional. Adapun instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar
observasi aktivitas belajar, dan angket motivasi belajar. Untuk mengetahui
perbedaan efektifitas penggunaan metode group to group dan metode
konvensional digunakan uji manova, dan untuk melihat variabel yang lebih efektif
terhadap aktivitas, motivasi, dan hasil belajar digunakan uji independent sample ttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas
metode group to group dan metode konvensional terhadap aktivitas, motivasi dan
hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu. Dari hasil penelitian
diperoleh bahwa metode group to group efektifitasnya lebih baik terhadap
aktivitas, motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedayu.
Kata kunci: aktivitas, motivasi, hasil belajar, dan group to group
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nuryadi, S.Pd,.Si.,M.Pd |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 07:29 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:31 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/378 |