UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG

Astuti, Risma Indri (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Cover dan lampiran.pdf] Text
Cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[thumbnail of full teks.pdf] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui peningkatan prestasi
belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick,
2) mendeskripsikan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bangun
ruang di SMP Pamungkas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
dengan subyek penelitian siswa kelas VIII C SMP Pamungkas Mlati tahun ajaran
2016/2017. Jumlah siswa 30 orang. Penelitian Tindakan Kelas terlaksana dalam 2
siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan, siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan.
Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil aktivitas dan kreatifitas
siswa dengan data pembanding yaitu hasil wawancara guru dan siswa, hasil LKS,
hasil evaluasi, dan rekaman peristiwa.
Metode pelaksanaan ini adalah guru dan peneliti berperan sebagai
kolaborator. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi
guru dan siswa, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan tes. Analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model
talking stick ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Hal
ini dapat ditunjukkan dengan proses pelaksanaan pembelajaran dengan model
talking stick terus meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16,6% pada lembar
observasi dan 40% pada prosentase keberhasilan siswa (siswa yang mencapai nilai
KKM). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu hasil rata-rata kelas
siswa mencapai 86,8.
Kata Kunci : Matematika, Pembelajaran Talking Stick dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:22
Last Modified: 19 Aug 2022 01:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item