UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEYAKINAN DIRI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 4 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Konda, Jemris Bara Komala (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEYAKINAN DIRI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 4 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan
keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII
A dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peningkatan prestasi siswa
dikelas dibuktikan dengan peningkatan presentase 35,2% menjadi 100%
tuntas dari KKM (≥75) yang ditentukan sekolah, dengan menggunakan
model pendekatan saintifik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi
siklus I dengan prosentase sebesar 97.05% dan pada hasil tes evaluasi
pada siklus II dengan prosentase sebesar 100% dengan kategori sangat
meningkat. Hal ini juga dibuktikan dengan angket siswa dalam proses
pembelajaran dikelas VII A yang telah peneliti lakukan dari siklus I nilai
rata-rata 93,20 %, dan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran
matematika siswa dapat lebih yakin akan kemampuan dirinya, dan siswa
aktif, kreatif dan mandiri. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan
saintifik relatif konstan dalam pembelajaran matematika kelas VII A di
SMP N 4 Yogyakarta.
Kata Kunci : Pembelajaran saintifik, prestasi dan keyakinan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd., Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:09
Last Modified: 19 Aug 2022 01:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item
View Item