Konda, Jemris Bara Komala (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEYAKINAN DIRI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 4 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (295kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (332kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (277kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (480kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (312kB)
BAB V.pdf
Download (201kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan
keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII
A dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peningkatan prestasi siswa
dikelas dibuktikan dengan peningkatan presentase 35,2% menjadi 100%
tuntas dari KKM (≥75) yang ditentukan sekolah, dengan menggunakan
model pendekatan saintifik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi
siklus I dengan prosentase sebesar 97.05% dan pada hasil tes evaluasi
pada siklus II dengan prosentase sebesar 100% dengan kategori sangat
meningkat. Hal ini juga dibuktikan dengan angket siswa dalam proses
pembelajaran dikelas VII A yang telah peneliti lakukan dari siklus I nilai
rata-rata 93,20 %, dan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran
matematika siswa dapat lebih yakin akan kemampuan dirinya, dan siswa
aktif, kreatif dan mandiri. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan
saintifik relatif konstan dalam pembelajaran matematika kelas VII A di
SMP N 4 Yogyakarta.
Kata Kunci : Pembelajaran saintifik, prestasi dan keyakinan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nanang Khuzaini, S.Pd., Si., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:09 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:08 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4340 |