PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Gute, Aludin (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of KOVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
KOVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interakrtif menggunakan Adobe Flash CS3 dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. dilihat dari kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Lee and Owens menjadi 5 tahapan. Tahap pertama adalah analysis yaitu analisis karakter siswa, materi, dan teknolgi pendidikan di sekolah. Tahap kedua adalah design, yaitu membuat story board dan flowchart. Tahap ketiga adalah development yaitu membuat produk, menyusun angket, validasi ahli materi dan ahli media . Tahap keempat adalah implementation yaitu uji coba skala terbatas,skala sedang dan skala besar. Tahap yang terakhir adalah evaluation yaitu design final dan analisis data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes komunikasi matematis siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data pada ahli materi dan ahli media untuk mengukur kriteria kevalidan, analisis penggunaan media kepada siswa untuk kriteria kepraktisan, dan analisis hasil tes evaluasi untuk mengetahui kriteria keefektifan.
Hasil penelitian multimedia pembelajaran dinyatakan valid oleh para ahli dengan mendapatkan nilai masing-masing 60 untuk ahli materi dan 54 untuk ahli media. Lebih lanjut, multimedia tersebut juga dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian angket siswa sebesar 1101. Sedangkan prosentase ketuntasan siswa terhadap komunikasi matematis siswa dengan pendekatan matematika realistik sebesar 85,89% berdasarkan hasil tes evaluasi siswa. Artinya, multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci : Multimedia Interaktif, Adobe Flash CS3, Matematika Realistik, Komunikasi Matematis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini,S.Pd,.Si.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:36
Last Modified: 19 Aug 2022 02:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item