HUBUNGAN ANTARA RASA SYUKUR DENGAN STRES AKADEMIK PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NUR YOGYAKARTA

Widiyastari, Ulfa (2019) HUBUNGAN ANTARA RASA SYUKUR DENGAN STRES AKADEMIK PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of COVER dan LAMPIRAN.pdf] Text
COVER dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa syukur dengan
stres akademik pada santri pondok pesantren An-nur Yogyakarta. Hipotesis yang
diajukan adalah ada hubungan negatif antara rasa syukur dengan stres akademik
pada santri pondok pesantren An-nur Yogyakarta.. Adapun kriteria subjek
penelitian yang digunakan adalah 60 orang santri pondok pesantren berusia 16-18
tahun. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan menggunakan skala rasa
syukur dan skala stres akademik, sedangkan metode yang digunakan adalah
korelasi Product Moment dari Pearson. Pada hasil analisis diperoleh nilai
koefisien korelasi (r) sebesar -0,447 (p<0,050). Hal itu menunjukkan, ada
hubungan negatif antara rasa syukur dengan stres akademik pada santri pondok
pesantren An-nur Yogyakarta.. Peran atau sumbangan efektif rasa syukur terhadap
stres akademik sebesar 20% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (R2)
senilai 0,20. Hal ini berarti, masih terdapat faktor-faktor lain di luar rasa syukur
yang berpengaruh terhadap stres akademik, seperti locus of control, efikasi diri,
keinginan mencapai prestasi, penyelesaian terhadap beberapa beban tugas
akademik (Greenberg dalam Mulya & Indrawati, 2016), berpikir positif Brissette
dkk. (dalam Dwitantyanov, 2010) dan lainya sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Anwar, S.Psi.,M.Si. Nadya Anjani R, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2019 05:18
Last Modified: 18 Aug 2022 21:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item
View Item