Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma N 3 Bantul

Astiti, Ni Putu Gian (2018) Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma N 3 Bantul. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.docx] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif orang tua terhadap prokrastinasi akademik pada siswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara pola asuh permisif orang tua dengan prokrastinasi akademik pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa di SMA N 3 Bantul. Subjek penelitian sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik dan Pola Asuh Permisif Orang Tua. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = 0.282 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0.009 (p < 0.050), yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif orang tua dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif pola asuh permisif orang tua terhadap prokrastinasi akademik dalam penelitian ini sebesar 8% . Hal itu menunjukkan bahwa sebanyak 92% sisanya diperoleh dari faktor lain.

Kata kunci: psikologi, pola asuh orang tua, pola asuh permisif, prokrastinasi, prokrastinasi akademik, siswa

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Santi Esterlita Purnamasari, S.Psi., M.Si., Psikolog dan Nadya Anjani Rismarini., S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: psikologi, pola asuh orang tua, pola asuh permisif, prokrastinasi, prokrastinasi akademik, siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2019 09:15
Last Modified: 04 Mar 2019 09:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4883

Actions (login required)

View Item
View Item