Gufron, Muhammad (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (345kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (338kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (790kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
BAB V.pdf
Download (411kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
MUHAMMAD GUFRON: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Disertai Dengan Metode Gallery Of Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta, Strata Satu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh kelas VII SMP N 4 Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas dan berjumlah 193 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara random (acak) sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII C dan kelas VII D. Dalam penelitian ini, kelas VII C berjumlah 33 siswa yang merupakan kelompok kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran langsung (direct intruction) dan kelas VII D berjumlah 32 merupakan kelompok kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning menggunakan uji manova.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifkansi 0,00 < 0,05 (taraf signifikan ( 5 %)).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 10:17 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 00:59 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4917 |