PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 YOGYAKARTA

Gufron, Muhammad (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DISERTAI DENGAN METODE GALLERY OF LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

MUHAMMAD GUFRON: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Disertai Dengan Metode Gallery Of Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta, Strata Satu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh kelas VII SMP N 4 Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas dan berjumlah 193 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara random (acak) sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII C dan kelas VII D. Dalam penelitian ini, kelas VII C berjumlah 33 siswa yang merupakan kelompok kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran langsung (direct intruction) dan kelas VII D berjumlah 32 merupakan kelompok kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning menggunakan uji manova.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe take and give disertai dengan metode gallery of learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifkansi 0,00 < 0,05 (taraf signifikan ( 5 %)).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2019 10:17
Last Modified: 19 Aug 2022 00:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item
View Item