HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI ULANGAN HARIAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, PROVINSI D. I. YOGYAKARTA

Judaniastuti, Tourmalina (2019) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI ULANGAN HARIAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, PROVINSI D. I. YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara regulasi diri dalam
belajar dan motivasi belajar dengan kecemasan siswa dalam menghadapi
ulangan harian. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah
Kejuruan Nasional Bantul tahun ajaran 2017/2018 dan sampel penelitian
sebanyak 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi
Product Moment dan analisis regresi berganda. Hipotesis 1 adalah ada
hubungan negatif antara Regulasi Diri dalam Belajar dan Kecemasan Siswa
dalam Menghadapi Ulangan Harian; Hipotesis 2 adalah ada hubungan negatif
antara Motivasi Belajar dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan
Harian; Hipotesis 3 adalah ada hubungan antara Regulasi Diri dalam Belajar
dan Motivasi Belajar dengan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan
Harian. Hipotesis 1 diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,257
dengan p < 0,01. Hipotesis kedua ditolak dengan nilai koefisien korelasi sebesar
0,383 dengan p < 0,01. Hipotesis ketiga diterima dengan nilai r = 0,532, p < 0.01
dengan nilai F sebesar 26,607. R square sebesar 0,283. Artinya, besar
sumbangan efektif Regulasi Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar terhadap
Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ulangan Harian sebesar 28,3 %.
Sedangkan, 71,7 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam
penelitian ini, salah satunya adalah prokrastinasi aktif.
Kata kunci : regulasi diri dalam belajar, motivasi belajar, kecemasan siswa
dalam menghadapi ulangan harian

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto, M. Si., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 02 Apr 2019 09:41
Last Modified: 16 Aug 2022 04:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item
View Item