HUBUNGAN ANTARA PERSPECTIVE-TAKING DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA MADYA

Chotimah, Azyan Khusnul (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSPECTIVE-TAKING DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA MADYA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15081081_AZYAN kHUSNUL CHOTIMAH_SKRIPSI FULL TEXT.pdf]
Preview
Text
15081081_AZYAN kHUSNUL CHOTIMAH_SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15081081_AZYAN kHUSNUL CHOTIMAH_SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
15081081_AZYAN kHUSNUL CHOTIMAH_SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi yang memiliki dampak positif serta negatif bagi remaja.Salah satu
dampak negatifnya adalah perilakucyberbullying. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan antara perspective-taking dengan perilaku cyberbullying
pada remaja madya. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan negatif
antara perspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya.
Penelitian ini dilakukan pada 60 siswa SMA Negeri 2 Banguntapan, yang berusia
15-18 tahun dan aktif menggunakan media sosial.Alat ukur yang digunakan
berupa skala perilaku cyberbullyingdan skala perspective-taking. Metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment dari
Pearson. Hasil koefisienperspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada
remaja madya sebesar (rxy) = - 0.374 yang berarti adanya hubungan negatif
antaraperspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi perspectivetakingterhadap
cyberbullying pada remaja madya memiliki sumbangan efektif
sebesar 14% terhadap perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Ratna Mustika H, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, perspective-taking, remaja madya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 09:20
Last Modified: 18 Aug 2022 08:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item
View Item